Apakah Eksfoliasi Untuk Kulit Berminyak Aman? Ini Penjelasannya

Eksfoliasi adalah hal penting yang harus kamu lakukan secara rutin agar kulit tetap sehat. Eksfoliasi akan mengangkat kotoran dan sel-sel mati pada kulit. Sehingga, kulitmu akan kelihatan lebih halus dan cerah.

Namun, apakah eksfoliasi bisa dilakukan pada tipe kulit yang berbeda? Terutama pada kulit berminyak yang sering mengalami jerawat. Salah-salah, takutnya eksfoliasi justru memperparah kondisi kulit yang berminyak.

Penjelasan tentang keamanan eksfoliasi untuk kulit berminyak bisa kamu simak di artikel berikut ini.

Apa Itu Eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah aktivitas yang dilakukan untuk melepaskan sel kulit mati pada lapisan luar kulit. Eksfoliasi bisa dilakukan dalam dua jenis, yaitu eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia. Eksfoliasi fisik menggunakan scrub dan dermabrasi, sementara eksfoliasi kimia menggunakan produk kecantikan yang mengandung AHA, BHA, dan PHA.

Eksfoliasi tentu membawa manfaat bagi kulitmu. Ini karena mengangkat sel kulit mati berarti juga mengangkat masalah-masalah pada kulit. Dengan melakukan eksfoliasi, kulitmu jadi terlihat seperti remaja. Bersih, halus, dan cerah. Jerawat terhindar, pori-pori mengecil, dan komedo pun menghilang.

Karakteristik Kulit Berminyak

Kulit berminyak sering dianggap merepotkan. Ini karena kulit berminyak menyebabkan jerawat jadi sering muncul.

Kalau kamu memiliki kulit yang berminyak, kamu tidak perlu khawatir. Sebab kenyataannya, kulit berminyak justru tipe kulit yang paling banyak dimiliki orang di seluruh dunia.

Karakteristik kulit berminyak berbeda dengan tipe kulit lainnya seperti kulit kering, normal,  kombinasi, atau sensitif. Karakteristik tipe kulit berminyak yaitu:

  • Memiliki pori-pori yang besar dan tampak jelas.
  • Memiliki jerawat, noda, dan blackhead.
  • Kulit kusam atau terlalu mengkilap.
  • Kerutan di wajah tidak terlalu terlihat.
  • Makeup sering luntur.

Amankah Eksfoliasi untuk Kulit Berminyak?

Kulit berminyak yang rentang terkena jerawat ternyata tidak menghindarkan kewajiban eksfoliasi. Justru, melakukan eksfoliasi bisa menghindari munculnya jerawat. Walaupun kamu sudah terkena jerawat, eksfoliasi bisa mengecilkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Namun, kamu tidak bisa sembarang memilih produk eksfoliasi untuk kulit berminyak. Eksfoliasi untuk kulit berminyak dan berjerawat yang kamu pilih sebaiknya tidak kasar. Eksfoliasi fisik seperti scrub direkomendasikan untuk tidak digunakan. Sebaiknya, pilihlah eksfoliasi kimiawi.

Namun jika jerawat kamu terlalu parah, sebaiknya tidak coba-coba skincare eksfoliator. Periksakan diri terlebih dahulu ke dokter kecantikan, karena mereka lebih tahu apa yang harus dilakukan pada jerawat. Mereka juga bisa menentukan apakah kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan jerawat yang sedang dialami.

Tips Eksfoliasi untuk Kulit Berminyak

Karena kulit berminyak memiliki penanganan khusus, tips ini pasti akan berguna untukmu:

  1. Memilih produk berbahan BHA

Bahan eksfoliator yang paling efektif untuk kulit berminyak adalah BHA. BHA mampu menghilangkan minyak penyebab jerawat dan pori-pori lebar serta mengurangi pembentukan komedo. 

  1. Memilih produk berbahan retinol

Selain BHA, produk kecantikan yang mengandung retinol juga bisa jadi pilihan. Kamu bisa memilih produk retinol jika memiliki jerawat ringan hingga sedang dengan komedo dan whitehead.

Retinol terbukti mengurangi bagian kulit yang mengalami kerusakan atau gangguan (lesi). Tak hanya itu, produk berbasis vitamin A ini juga bisa menghambat kemunculan jerawat dan komedo baru.

  1. Tidak melakukan eksfoliasi dengan kasar

Meskipun kamu sudah menggunakan eksfoliator berbahan kimia, kamu tetap tidak boleh melakukannya secara berlebihan. Jangan menggosok kulit terlalu kasar.

  1. Melakukan eksfoliasi secara rutin

Seberapa sering kamu harus melakukan eksfoliasi? Jawabannya adalah dua atau tiga kali seminggu. Eksfoliasi setiap hari sangat tidak disarankan karena justru bisa merusak kulitmu.

Sekarang, kulit berminyak bukan lagi masalah. Kulit berminyak juga bisa dijaga agar tetap sehat dengan melakukan eksfoliasi. Gunakanlah produk eksfoliasi untuk kulit berminyak yang mengandung BHA atau retinol. Dengan demikian, kulitmu akan semakin bersih dan halus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.