Inilah Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah yang Kamu Harus Tau!

Kehamilan merupakan salah satu fase spesial yang dialami oleh wanita. Pada masa kehamilan, kehidupan baru sedang bertumbuh di dalam rahim seorang wanita hingga tiba saatnya bayi siap dilahirkan. Banyak sekali penyesuaian-penyesuaian dan perubahan yang terjadi pada bagian tubuh wanita saat sedang hamil, tak terkecuali wajah. Nah, ternyata memang secara ilmiah pun kita bisa tahu ciri-ciri orang hamil dari raut wajah, lho.

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah ini bisa terlihat dan dikenali karena pada masa kehamilan terjadi perubahan dan penyesuaian hormonal yang dapat memberi pengaruh pada kondisi raut wajah.

Berikut adalah beberapa ciri perubahan raut wajah yang terjadi pada wanita hamil:

1.Wajah tampak kusam dan timbul flek

Salah satu ciri-ciri raut wajah orang hamil yang paling sering ditemui adalah kulit wajah yang tampak lebih kusam bahkan timbul flek-flek hitam.

Wajah yang lebih kusam dan flek ini biasanya disebabkan karena adanya perubahan hormonal yang menjadikan wajah jadi terlihat lebih kusam dari saat kondisi tidak hamil.

2.Wajah tampak bengkak

Tanda wajah orang hamil yang paling mudah dikenali lainnya adalah wajah yang tampak membengkak atau lebih chubby. Hal ini tentu saja berkaitan dengan adanya kenaikan berat badan selama masa kehamilan dan menjadikan beberapa bagian tumbuh seperti wajah dan kaki mengalami pembesaran atau bengkak.

3.Hidung tampak bengkak

Bagian wajah yang paling menonjol sebagai ciri wanita sedang hamil adalah hidung. Hidung terlihat mengalami pembengkakan karena adanya peningkatan produksi hormon estrogen yang menjadikan sirkulasi darah di sekitar membran mucus turut meningkat.

4.Kulit wajah lebih sensitif

Adanya perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil bisa berefek menjadikan kulit wajah jadi jauh lebih sensitif, lebih berminyak, gampang berjerawat, atau justru jadi lebih kering.

Bagi sebagian ibu hamil, perubahan hormonal menjadikan kulitnya memproduksi minyak lebih banyak. Produksi minyak yang meningkat ini menjadikan wajah jadi gampang berjerawat. Namun bagi sebagian perempuan, perubahan hormonal pada masa kehamilan justru menjadikan kulitnya jauh lebih kering bahkan hingga mengelupas.

5.Pembuluh darah tampak jelas

Pada saat sedang hamil, produksi hormon estrogen meningkat dan menyebabkan adanya peningkatan aliran darah di dalam tubuh. Sirkulasi darah yang meningkat ini menyebabkan pembuluh darah kapiler jadi lebih terlihat di permukaan kulit, termasuk pada wajah.

6.Bulu mata dan alis rontok

Kerontokan pada bulu mata atau alis bisa jadi ciri orang hamil dari raut wajah selanjutnya. Kerontokan ini biasanya dipicu karena ibu hamil kekurangan asupan protein yang diperlukan oleh tubuh selama masa kehamilan

7.Kulit wajah tampak lebih cerah dan merona

Ciri-ciri orang hamil dilihat dari raut wajah yang tidak terlalu menimbulkan masalah dan justru disukai adalah jika kulit wajah tampak lebih cerah dan merona. Kulit yang tampak lebih cerah dan merona ini disebabkan oleh produksi dan sirkulasi darah yang meningkat sehingga memberi kesan kulit lebih sehat bahkan nampak glowing.

Memang sebagian besar ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang disebutkan di atas bisa dibilang merupakan kondisi yang tidak terlalu disukai oleh wanita yang senantiasa ingin tampil cantik. Namun jangan khawatir, ciri yang kurang menyenangkan ini tentunya tidak bersifat permanen dan akan membaik dengan sendirinya.

Selain itu Anda juga bisa melakukan beberapa perawatan wajah untuk ibu hamil agar tidak kusam, yang tentunya aman bagi janin.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga penampilan saat masa hamil adalah:

  • Membersihkan diri dan wajah secara teratur setiap hari.
  • Gunakan produk perawatan tubuh dan skincare yang aman bagi ibu hamil.
  • Makan makanan yang bergizi cukup
  • Istirahat yang cukup
  • Melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan selama kehamilan.

Demikianlah ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang harus Anda tahu. Ciri ini biasanya bersifat sementara dan normal sehingga tidak perlu khawatir. Anda hanya harus melakukan perawatan yang tepat agar perubahan yang dirasa kurang menyenangkan ini tidak terlalu mengganggu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.