Penggunaan Koyo Menstruasi untuk Mengatasi Kram Haid

Dismenore merupakan salah satu hal yang biasa dialami oleh para wanita ketika mengalami menstruasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh wanita ketika mengalami nyeri datang bulan ini adalah menggunakan koyo menstruasi. Apa itu koyo menstruasi? Simak penjelasannya di bawah ini!

Kram Menstruasi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai koyo menstruasi, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengapa wanita sering merasakan kram atau nyeri ketika masa menstruasi.

Sebuah sumber menjelaskan bahwa nyeri datang bulan ini terjadi ketika otot-otot rahim berkontraksi. Kontraksi ini biasanya terjadi sebelum dan selama menstruasi berlangsung. Kontraksi menyakitkan ini dipicu oleh bahan kimia prostaglandin yang diproduksi di bagian rahim.

Kram haid terasa tidak nyaman pada sebagian wanita karena kram ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pendarahan yang berat, kondisi kesehatan tertentu (seperti adenomiosis), dan perbedaan tingkat toleransi rasa sakit yang beragam pada wanita. Selain itu, endometriosis juga dapat menyebabkan kram menstruasi lebih parah dari biasanya.

Kram atau nyeri menstruasi ini tentu saja membuat wanita yang sedang menstruasi merasa tidak nyaman menjalani aktivitas sehari-hari. Bahkan, kram ini bisa membuat beberapa bagian tubuh yang lain, seperti pinggang, juga merasakan nyeri.

Deskripsi Umum Koyo Menstruasi

Koyo menstruasi telah digunakan untuk meredakan nyeri haid sejak lama. Produk ini sangat membantu wanita untuk menghilangkan rasa sakit ketika datang bulan. Hal ini dikarenakan koyo haid bisa meningkatkan sirkulasi darah sekaligus membantu mengendurkan otot-otot yang kaku dan tegang.

Alasan utama koyo ini bisa sangat bermanfaat untuk kram haid adalah karena panas yang dihasilkan oleh koyo ini akan secara alami meningkatkan aliran darah ke bagian tubuhmu yang nyeri.

Sebagai tambahan, panas yang berasal dari koyok ini dapat melemaskan miometrium. Miometrium sendiri merupakan lapisan tengah yang ada di dinding rahimmu dan juga merupakan tempat di mana otot polos berada, yang bertanggung jawab atas kontraksi dan menjadi penyebab rasa sakit yang kamu derita ketika datang bulan.

Dengan merelaksasi bagian miometrium, maka pembuluh darahhmu yang awalnya menyempit dapat menjadi mengendur. Hal ini memungkinkan lebih banyak aliran darah ke rahimmu.

Penggunaan Koyo

Bagi sebagian besar wanita, koyo datang bulan ini biasanya diletakkan di perut bagian bawah. Peletakan koyo di bagian tersebut dinilai sebagai pendekatan terbaik untuk meredakan nyeri atau kram haid yang dirasakan oleh wanita. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan koyo ini di area punggung bawah untuk menambah rasa lega.

Namun, pada dasarnya pemilihan tempat peletakan koyo ini tergantung pada kamu sendiri, lho! Kamu bisa menempatkan koyo ini di tempat yang kamu rasa paling sakit atau nyeri. Kemudian, kamu juga bisa memilih bagian tubuhmu yang sakit dan paling bisa mentolerir rasa panas yang dihasilkan oleh koyo tersebut.

Untuk menambah kenyamanan saat menggunakan koyo, kamu juga bisa menambahkan minyak esensial penghilang kram. Cara menggunakannya adalah dengan memijat minyak esensial ke bagian tubuh yang sakit selama kurang lebih satu menit, kemudian tempelkan koyo menstruasi pada lokasi yang sama.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah koyo menstruasi dapat digunakan selama kira-kira 15 hingga 20 menit. Setelah jangka waktu tersebut, kamu dapat beristirahat dan mengevaluasi tingkat rasa nyeri yang kamu rasakan. Apabila masih merasa nyeri, kamu bisa menggunakan koyo menstruasi tersebut seperlunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.