Kurangi Konsumsi Makanan Penyebab Keputihan Ini, Yuk!


Keputihan adalah keluarnya cairan dari vagina yang berwarna bening dan tidak berbau. Keputihan terjadi karena ketidakseimbangan pH vagina yang dipicu oleh infeksi vagina, efek samping pil KB, atau konsumsi makanan penyebab keputihan.

Meski sebenarnya keputihan adalah hal yang wajar, keputihan bisa menandakan adanya masalah vagina apabila bentuknya tidak wajar. Misalnya saja keputihan berbau tidak sedap.

Mengingat hal tersebut, kamu perlu menghindari keputihan sebisa mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan penyebab keputihan.

Di bawah ini adalah ulasan mengenai 7 makanan yang bisa memicu keputihan. Simak selengkapnya di sini!

Mengenal Keputihan

Keputihan adalah cairan yang berisi bakteri dan sel kulit mati yang keluar dari vagina. Keputihan dianggap normal apabila warnanya bening atau agak putih, kental, tidak berbau, dan tidak gatal. Keputihan yang normal merupakan tanda bahwa bagian dalam vagina kamu bersih.

Akan tetapi, keputihan juga bisa dianggap tidak normal jika penampakannya berbeda. Misalnya cairan keputihan berwarna hijau atau kuning dan berbau tidak sedap. Hal ini menandakan adanya infeksi atau masalah pada vagina.

Keputihan sendiri dapat disebabkan oleh pH vagina yang tidak seimbang, kanker serviks, infeksi menular seksual, atau vagina kering. Tak hanya itu, ketidakseimbangan pH vagina juga bisa terjadi karena efek samping pil KB dan konsumsi makanan atau minuman tertentu yang bisa memicu keputihan.

Makanan Penyebab Keputihan

Kamu perlu memerhatikan apa yang kamu konsumsi. Ini karena ada beberapa makanan yang justru bisa memicu keputihan.

Di bawah ini adalah 7 makanan penyebab keputihan yang perlu kamu ketahui:

Gorengan

Apakah kamu suka makan gorengan? Perlu diperhatikan, bahwa gorengan bisa menyebabkan keputihan.
Alasannya karena gorengan mengandung lemak tinggi yang memengaruhi keseimbangan pH pada vagina. Makanan berlemak tersebut bisa memicu pertumbuhan bakteri pada vagina. Akibatnya, akan muncul keputihan dan bau amis pada vagina.

Makanan Manis

Makanan manis tentu saja mengandung banyak gula. Kadar gula yang terkandung dalam makanan tersebut bisa meningkatkan pertumbuhan jamur pada vagina dan mengubah kadar pH yang menyebabkan keputihan.

Bawang

Bawang adalah salah satu makanan yang menyebabkan bau mulut. Namun tak hanya bau mulut, bawang juga bisa menyebabkan bau pada vagina.

Ini karena bawang memiliki kandungan yang bisa mengubah susunan bakteri di vagina. Akan tetapi, pengaruh bawang pada bau vagina tidak akan terjadi apabila kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis, nugget, dan sejenisnya mengandung bahan pengawet. Bahan pengawet ini berbahaya bagi kesehatan karena bisa meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan kolesterol.

Selain bisa menyebabkan penyakit, makanan olahan juga bisa memunculkan bau vagina. Ini karena makanan olahan menganggu keseimbangan bakteri vagina dan menyebabkan keputihan, infeksi, dan gatal.

Makanan dengan Lemak Tak Jenuh

Makanan penyebab keputihan selanjutnya adalah makanan dengan lemak tak jenuh atau lemak trans. Lemak ini tidak dapat diproses oleh tubuh dan hanya bisa menumpuk dalam darah.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh misalnya permen, keripik, atau kue. Makanan ini bisa mengubah pH vagina dan menyebabkan keputihan.

Alkohol

Meski berbentuk cairan, mengonsumsi alkohol secara berlebihan justru bisa menyebabkan sistem tubuh dehidrasi. Sistem tubuh yang dimaksud termasuk juga sistem kulit, mulut, dan vagina.

Vagina yang kering bisa memicu gangguan vagina. Contohnya rasa gatal, nyeri, dan keputihan pada vagina.

Kopi

Jika kamu penggemar kopi, kamu mungkin perlu mempertimbangkan mengurangi konsumsi kopi. Hal ini disebabkan karena kopi yang dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu keputihan dan bau vagina.

Penyebabnya karena kopi bisa mengubah pH tubuh dan pH vagina menjadi lebih rendah.

Baca lebih lengkap: jenis makanan yang menyebabkan keputihan.

Demikian pembahasan mengenai makanan penyebab keputihan. Makanan mana yang biasa kamu konsumsi namun ternyata bisa memicu keputihan? Mulai sekarang, kurangi konsumsi makanan tersebut, yuk!

Sumber:

https://doktersehat.com/informasi/wanita-informasi/makanan-penyebab-keputihan/

7 Makanan ini Berisko Sebabkan Keputihan yang Gatal dan Berbau!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *